Selamat datang di Myblog, jika ada hal yang ingin ditanyakan pada ADMIN, silahkan klik TEMPAT CHATING dibawah. Terimakasih telah berkunjung.

Friday 30 January 2015

Ujian Nasional (UN) tidak lagi menggunakan pilihan ganda

Dilansir oleh republika.co.id 30 Januari 2015-Soal Ujian Nasional (UN) sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kedepannya tidak lagi menggunakan format pilihan ganda. Hal ini untuk mendorong peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan mendalam.

"Peserta didik tidak lagi dituntut untuk menghafalkan, namun memahami dan menganalisanya. Oleh karena itu, soal dibuat tidak lagi dalam bentuk pilihan ganda, namun dengan menganalisa dan menuliskan jawabannya" jelas Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Prof Nizam.

Hal ini membuat beberapa sekolah di daerah mulai menyiapkan diri. Sekolah akan memberikan pelajaran kisi-kisi soal UN untuk menghadapi soal esay tersebut. Beberapa guru di Bandar Lanpung saat dikonfirmasi mengaku belum tahu persis apakah soal UN ini menggunakan format pilihan ganda atau tidak, dikarenakan belum adanya surat edaran secara resmi. Namun mereka mengaku sudah mengetahui dari berita dikoran bahwa soal UN tidak lai menggunakan format pilihan ganda.

"Baca dikoran katanya tidak ada soal pilihan" kata Sulis seorang guru SMK di Bandar Lampung. Menurutnya, guru mata pelajaran tidak terpengaruh dengan adanya berita tersebut, dan dihimbau untuk tetap mengajar dan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk Ujian Nasional seperti biasanya.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan format soal seperti apapun, baik esay maupun pilihan ganda, jika para peserta sudah benar-benar siap tentu akan mampu mengerjakan soal dengan lancar. Jadi kuncinya adalah persiapkan diri semaksimal mungkin dan dengan memperbanyak belajar soal-soal UN tahun lalu tentu akan memudahkan para peserta saat menghadapi UN nanti.
Untuk yang ingin men-download soal dan pembahasan soal UN tahun lalu bisa di-download DISINI

0 comments:

Post a Comment