Selamat datang di Myblog, jika ada hal yang ingin ditanyakan pada ADMIN, silahkan klik TEMPAT CHATING dibawah. Terimakasih telah berkunjung.

Tuesday 4 February 2014

Plasma nutfah

Salam sobat, kali ini ijinkan saya berbagi sedikit tentang plasma nutfah. Ya, beberapa diantara kita pasti sering mendengar istilah terdebut, apalagi kalau anak SMA jurusan IPA, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.
Plasma nutfah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme. Plasma nutfah merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

Sedangkan menurut pengertian atau definsi yang terdapat pada Kamus Pertanian plasma nutfah adalah substansi sebagai sumber sifat keturunan yang terdapat di dalam setiap kelompok organisme yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan atau dirakit agar tercipta suatu jenis unggul atau kultivar baru. Sehingga populasi terdebut berbeda dengan populasi lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat dari kekebalan terhadap penyakit, bentuk fisik, kemampuan beradaptasi dll.

Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa negara Indonesia memiliki plasma nutfah yang sangat besar, keanekaragaman jenis yang besar. Luasnya wilayah Indonesia menyebabkan setiap daerah memiliki kekayaan yang khas. Oleh karena itu kita harus pandai menjaga kekayaan bangsa kita ini, dari kekayaan hutan sampai faunanya, jangan sampai keanekaragaman itu hanya menjadi sebuah sejarah. Meskipun ada cara mengembangbiakkan plasma nutfah dengan cepat, seperti teknik kultur jaringan , tetapi bukankah lebih baik jika kita menjaga dari pada bersusah susah mengembangbiakkan.
Demikian sob, ulasan saya tentang plasma nutfah, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment